Header Ads

Beberapa Tips Wawancara Kerja Jadi Lancar

Beberapa tips wawancara kerja jadi lancar - Interview kerja mungkin menjadi salah satu hal yang menegangkan untuk beberapa orang. Umumnya mereka takut akan pertanyaan yang diajukan saat melakukan interview kerja, takut tidak dapat menjawab pertanyaan atau salah dalam menjawab pertanyaan yang diberikan. Dalam tes tersebut, kepribadian, wawasan, cara berkomunikasi, penampilan, etika, dan sofskill tentu akan di uji dan dipertanyakan. Tentu tidak heran, apabila dalam tahapan wawancara kerja kita akan di uji satu per satu dihadapan HRD, psikolog, dan juga user.

beberapa tips wawancara kerja lancar
sumber gambar: Jobstreet

Salah satu strategi menghadapi interview kerja yaitu dengan mempelajari contoh-contoh pertanyaan kerja. Ada baiknya untuk mempersiapkan materi dan mengumpulkan informasi tentang perusahaan yang kita lamar tersebut sebelum melakukan test wawancara kerja. Persiapan materi ini akan cukup membantu Anda sebelum melakukan test interview kerja, setidaknya Anda mempunyai bayangan tentang apa saja pertanyaan yang akan diajukan oleh si pewawancara kerja.

Beberapa Tips Wawancara Kerja Jadi Lancar

Lalu, pertanyaan seperti apa sajakah yang umumnya diberikan saat interview kerja dan bagaimana strategi dalam menjawab pertanyaan tersebut? Berikut ini beberapa tips wawancara kerja jadi lancar.

1. Anda Mampu Menceritakan Tentang Diri Anda

Pertanyaan ini umumnya merupakan pertanyaan awal yang sering ditanyakan. Anda tidak perlu menjelaskan tentang asal, keluarga usia, dan tanggal lahir. Karena hal tersebut tentu sudah tercantum di daftar riwayat hidup Anda. Jawablah dengan singkat tentang kemampuan atau kelebihan yang Anda miliki. Tahmbahkan juga kualifikasi atau keterampilan yang Anda miliki, yang sekiranya hal itu dapat Anda kontribusikan bagi perusahaan. Jangan hanya menceritakan kelebihan saja, tambahkan juga sedikit kekurangan Anda. Hindari jawaban yang terlalu bertele-tele sehingga tidak terkesan membosankan.


2. Ketahui Tentang Perusahaan Tersebut

Anda harus terlebih dahulu mempelajari dan memahami tentang perusahaan yang anda lamar tersebut, jangan sampai anda melamar sebagai pekerja di perusahaan tersebut, namun Anda sendiri tidak tahu mengenai perusahaan tersebut. Pertanyaan ini umumnya juga sering dtanyakan saat test interview kerja. Jadi hal ini merupakan salah satu hal penting untuk melakukan background checking pada perusahaan yang Anda lamar. Tentu anda dapat mencar informasi perusahaan tersebut di internet, situs web perusahaan, dan lain sebagainya. Jawalah pertanyaan ini dengan sedikit kesan memuji, jangan mengungkapkan kejelekan perusahaan tersebut.


3. Ketertarikan Menjadi Karyawan Di Perusahaan Tersebut

Dengan menyiapkan informasi tentang perusahaan tersebut, tentu Anda dapat mengungkapkan rasa ketertarikan dengan perusahaan dan juga tim. Dengan informasi yang cukup, pertanyaan ini dapat memberikan kesempatan untuk memperlihatkan inisiatif dan juga antusiasme kerja Anda terhadap perusahaan tersebut. Jawablah dengan jujur dan tulus, tentu tim HRD dapat melihat apakah anda jujur dan tulus menjawab pertanyaan ini. Jawablah dengan jawaban yang berhubungan dengan tujuan karir Anda dalam jangka panjang.


4. Kelebihan Dan Kekurangan Yang Anda Miliki

Pertanyaan tersebut menunjukkan sifat dan karakter seseorang. Jangalah menjawab dengan terlalu rasa percaya diri saat menceritakan kelebihanmu, sehingga terkesan berlebihan. Dan juga jangan pula berkata bahwa Anda tidak memiliki kelemahan. Pertanyaan ini diajukan untuk menilai pengetahuan terhadap diri kita sendiri. Jujurlah dalam menceritakan kelemahan dan sertakan kiat-kiat dalam mengatasinya.


5. Ceritakan Pencapaian Yang Telah Anda Raih Dan Membanggakan

Pertanyaan ini merupakan salah satu pertanyaan yang menjebak. Berikanlah pertanyaan yang ada hubungannya dengan pekerjaan yang Anda inginkan. Jangan sekali-kali memberikan jawaban yang tidak relevan. Pikirkan kualifikasi yang pernah Anda raih dan memang dibutuhkan oleh perusahaan dan kembangkan menjadi kalimat yang meyakinkan.


6. Alasan Kenapa Perusahaan Harus Memilih Anda

Untuk menjawab pertanyaa ini, ada baiknya Anda harus sebisa mungkin "Menjual Diri". Berikan alasan-alasan yang membuat tim perusahaan tersebut tertarik dengan anda. Yakinkan mereka, bahwa kamu dapat berkontribusi dan memberikan kemajuan serta keuntungan bagi perusahaan.


7. Perhatian Anda Terhadap Masalah

Kesulitan dan permasalahan dalam dunia kerja tentu terjadi, namun seberapa besar perhatian, kontribusi, serta tanggung jawab Anda dalam menyelesaikan masalah tersebut. Berlatihlah menjadi pribadi yang kreatif, dan kembangkan cara berpikir kreatif untuk mengambil solusi dan langkah langakah penting yang mungkin dapat Anda lakukan untuk menyelesaikan masalah apabila Anda diterima di perusahaan tersebut.


8. Gaji 

Bagi beberapa fresh graduate yang baru pertama kali mengikuti tes wawancara kerja, pertanyaan mengenai gaji merupakan pertanyaan yang paling ditunggu dan paling sensitif. Untuk menjawab pertanyaan ini, tetaplah berpikir rasional dan bijak. Jawablah secara diplomatis dan juga relistis mengenai gaji dengan posisi yang dilamar. Carilah informasi tentang standar gaji yang dapat membantu Anda menanggapi pertanyaan ini sebelum melakukan tes interview kerja.


9. Ajukanlah Pertanyaan Yang Anda Ingin Tahu Dan Kurang Paham Tentang Perusahaan

Siapkanlah satu atau beberapa pertanyaan yang dapat menimbulkan kesan yang positif dimata pewawancara kerja, seperti seputar deskripsi pekerjaan, ruang lingkup pekerjaan, market perusahaan, dan lain sebagainya. Hal ini menunjukkan antusias Anda terhadap perusahaan dan juga posisi yang ditawarkan.

Demikianlah beberapa tips wawancara kerja lancar yang dapat membantu anda dalam proses menggapai pekerjaan yang Anda inginkan.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.